Sabtu, 17 Agustus 2013

Cara Membuka Hidden file karena virus melalui CMD

Virus komputer semakin hari semakin banyak jenis dan variannya. Beberapa jenis virus komputer ada yang dibuat dengan tujuan untuk mencuri data atau file pemilik komputer, sekedar merusak sistem dan ada juga yang hanya sekedar iseng yang membuat pemilik komputer jengkel. Beberapa hal yang biasa terjadi setelah kita berhasil membersihkan virus komputer adalah masih adanya sistem registry yang tidak atau belum bisa kembali secara normal yang salah satunya adalah berakibat adanya file atau folder yang disembunyikan atau di-hidden oleh virus.

Beberapa antivirus lokal begitu kita selesai melakukkan scanning virus maka akan ada pilihan untuk mengembalikan atau menampilkan file atau folder yang telah disembunyikan oleh virus. Meskipun kita telah merubah opsi untuk menampilkan file "hidden" namun tetap ada file atau folder yang masih tersembunyi karena biasanya virus merubah file menjadi system mode atau "super hidden", untuk melihat apakah file data sahabat masih ada atau tidak dapat dilakukan dengan cara manual melalui Command Prompt atau CMD. Berikut ini caranya :

1. Buka windows explorer
2. Klik menu tools > folder option
3. Klik tab View > show hidden file, folder & drive
4. Hilangkan ceklis Hide protected system files (Recommended), ketika muncul peringatan, klik Yes
5. Setelah selesai klik OK
6. Seluruh file dan folder yang disembunyikan virus akan terlihat samar
7. Kita dapat menormalkan kembali semua file dan folder yang disembunyikan oleh virus. Untuk mengembalikan file tersebut, caranya : scanning virus dengan antivirus yang ada, jangan lupa update antivirusnya biar semakin ampuh membasmi virus yang bersarang di kompi sahabat.

Cara mengembalikan file yang di hidden oleh virus itu gampang sekali karena itu bisa di lakukan tanpa menggunakan software ataupun antivirus, kita dapat memanfaatkan CMD atau Command Prompt bawaan sistem operasi windows. Langkah-langkahnya untuk mengembalikan file yang di hidden oleh virus tersebut adalah sebagai berikut ini :

1. Masuk Command Prompt dengan cara klik [Start] sehingga muncul tombol [Run] atau bisa juga dengan tekan keyboard icon WIN + R kemudian ketik CMD lalu [Enter]
2. Sekarang dalam jendela command prompt ketik nama drive tempat file bersembunyi, misalnya E: lalu tekan [Enter], maka akan muncul drive yang akan dibuka proteksi hidden foldernya. Dalam contoh diatas berada pada drive E: (ini disesuaikan dengan drive tujuan pada komputer anda)
3. Selanjutnya ketik perintah attrib –s –h -r *.* /s /d lalu tekan [Enter], tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai. Jika selesai maka kursor akan kembali ke E:\>
4. Silahkan coba lihat atau buka file atau folder yang awalnya disembunyikan oleh virus, sudah muncul kembali dan jika belum silahkan ulangi proses mulai dari awal. Jangan putus asa jika gagal karena kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.

Keterangan :
attrib = string untuk memulai merubah atribut pada Command Prompt
-s = menghilangkan atribut System File
-h = menghilangkan atribut Hidden File
-r = menghilangkan atribut Read Only File
*.* = semua file dengan berbagai ekstensi
/s = sub directory
/d = directory

Selamat mencoba, semoga informasi tentang cara mengembalikan file atau folder yang disembunyikan atau di-hidden oleh virus diatas dapat bermanfaat.

NB : Untuk mendownload file dalam bentuk aplikasi silahkan download gambar pada artikel ini, caranya klik kanan gambar diatas > buka pada tab baru > klik kanan simpan file gambar tersebut. Untuk mengeluarkan file dari dalam gambar tersebut gunakan aplikasi winrar, caranya : klik kanan pada gambar > open with > choose default program > pilih winrar. Password Aplikasi : sunthree

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

terima kasih telah berpartisipasi pada blog kami